Nintendo (bahasa Jepang: 任天堂,
ニンテンドー Nintendō; NASDAQ: NTDOY, TYO: 7974) adalah sebuah perusahaan
multinasional yang didirikan tanggal 23 September 1889 di Kyoto, Jepang
oleh Fusajiro Yamauchi untuk memproduksi kartu-kartu buatan tangan
hanafuda, yang digunakan untuk permainan kartu Jepang dengan nama yang
sama.[5] Pada pertengahan abad kedua puluh, Nintendo mencoba beberapa
bisnis khusus yang kecil, seperti sebuah penginapan asrama dan sebuah
perusahaan taksi. Setelah beberapa tahun, Nintendo menjadi sebuah
perusahaan permainan video, dan tumbuh menjadi salah satu di antara yang
terbesar dalam industri ini. Di samping permainan video, Nintendo
adalah pemilik mayoritas Seattle Mariners, sebuah tim Major League
Baseball di Seattle, Washington. Pada tahun 2001, Nintendo juga membeli
bagian yang cukup besar untuk Gyration Inc., sebuah perusahaan yang
mengkhususkan diri pada gyro dan sensor gerak. Saat ini, saingan utama
Nintendo dalam bidang permainan adalah Sony and Microsoft.
Tahun 1973, Nintendo mulai fokus
pada family entertainment dengan produk Laser Clay Shooting System yang
menggunakan teknologi yang sama seperti yang telah digunakan pada Serial
Kousenjuu, produk tersebut ditempatkan pada tempat bermain bowling yang
biasanya ramai pengunjung. Namun karena pembiayaan yang terlampau besar
akhirnya operasional produk tersebut harus ditutup.
Tahun 1974, Nintendo mendapatkan
hak untuk mendistribusikan Magnavox Odyssey di jepang. Dan pada tahun
1977 nintendo mulai membuat sistem video game milik mereka sendiri
bernama Color TV Game yang dimana gamenya built in pada sistem. Pada
tahun itu pula sang legenda Shigeru Miyamoto di pekerjakan oleh
Nintendo, dan pada saat itu dia bekerja dibawah Yokoi.
Tahun 1978, Nintendo masuk ke
industri Arcade Game dengan produk mereka Computer Othello, dan seiring
tahun berjalan Nintendo terus mengeluarkan judul-judul lain. Awalnya
Nintendo hanya mendapatkan keuntungan yang sedikit tapi dengan dibuatnya
game dengan judul Donkey Kong pada tahun 1981 merubah peruntungan
Nintendo secara drastis. Sukses dari game tersebut yang kemudian di port
ke beberapa konsol game seperti Atari 2600, Intellivision dan
ColecoVision memberikan keuntungan finansial yang besar untuk Nintendo.
Pada tahun 1980, Nintendo membuat
Game & Watch yang sukses dipasaran. selanjutnya pada tahun 1983,
Nintendo meluncurkan Famicom atau Family Computer di jepang. Dan
akhirnya mesin tersebut dibawa ke Amerika pada tahun 1985, dengan Super
Mario Bros. Dan pada tahun 1989 Nintendo juga mengeluarkan produk anyar
mereka Game Boy yang dikembangkan oleh Yokoi.
Konsol Nintendo Dari Masa Ke Masa
Nintendo Entertainment System
Nintendo Entertainment System atau NES,
adalah sebuah konsol permainan video 8-bit, yang pertama kali dirilis
pada tahun 1985. Dirilis oleh Nintendo di Amerika Utara, Brasil, Eropa,
Asia dan Australia. Versi Jepangnya dikenal dengan nama Nintendo Family
Computer atau Famicom. NES menjadi konsol permainan paling populer saat
itu di Asia dan Amerika Utara, NES membantu menghidupkan kembali
industri permainan video setelah keruntuhan permainan video pada tahun
1983. Dengan game Mario Bros yang meledak dipasaran, NES menjadi konsol
game yang sangat diminati pada saat itu.
Game Boy
Game Boy merupakan konsol permainan
video yang diedarkan pada tahun 1989 seharga 8.000 yen (Jepang) atau US
$89,95. Perancangnya adalah Gunpei Yokoi dan tim Nintendo Research &
Development 1. Jika dijumlahkan, Game Boy dan Game Boy Color telah
terjual sebanyak 118,69 juta unit di seluruh dunia. Game Boy awalnya
digabung dengan permainan puzzle Tetris.
Super NES
Super Nintendo Entertainment System,
dikenal juga dengan Super Nintendo dirilis pada tahun 1991. Super NES
atau SNES, adalah konsol permainan video 16-bit yang dirilis oleh
Nintendo di Amerika Utara, Brasil, Eropa dan Australia. Di Jepang ia
dikenal dengan nama Super Famicom (Family Computer). Di Korea Selatan ia
dikenal dengan nama Super Comboy dan didistribusikan oleh Hyundai
Elecronics.
Nintendo 64
Nintendo 64 atau dikenal juga N64
merupakan konsol game generasi ke lima Nintendo yang dirilis pada tahun
1996. N64 bekerja sama dengan produsen workstation Silicon Graphics Inc.
Nintendo 64 sangat revolusioner di masanya dengan memperkenalkan
teknologi-teknologi baru yang kemudian diikuti oleh para pesaingnya
seperti Sony PlayStation dan Sega Saturn. Teknologi tersebut antara lain
teknologi getar Rumble Pak (yang kemudian dikenal dalam PlayStation
sebagai DualShock) serta memperkenalkan stik analog yang memungkinkan
pemain menjelajahi ruang 3-D dengan lancar.
Teknologi stik analog membuka babak baru
dalam pengontrolan dari ruang 2-D ke ruang 3-D, dan sangat sukses
sehingga kompetitor lain seperti Sony PlayStation dan Sega Saturn
mengikuti Nintendo dengan menyertakan stik analog dalam konsol game
buatan mereka. Nintendo 64 juga merupakan konsol game pertama yang
menyertakan fungsi Anti-Aliasing dengan filter bilinear secara
real-time. Selain itu, Nintendo 64 juga mendapat posisi pertama dan
terpilih sebagai console game terbaik dalam G4 baru baru ini dalam acara
‘Top 10 Games Consoles. Nintendo 64 kurang dikenal luas di Indonesia,
salah satu penyebabnya karena Nintendo 64 menggunakan medium
cartridge/kaset untuk menyimpan data, yang lebih mahal dan lebih susah
dicopy/dibajak dibandingkan dengan medium CD yang digunakan oleh
PlayStation dan Sega Saturn. Pengembangan software Nintendo 64 berakhir
pada tahun 2001 setelah rilis sekitar 350 judul game dan 40 juta unit
Nintendo 64 terjual.
Game Boy Color
Game Boy Color yang disingkat menjadi
GBC adalah Game Boy keluaran terbaru dari Nintendo dan dirilis pada 21
Oktober 1998 di Jepang, 19 November 1998 di Amerika Utara dan 23
November 1998 di Eropa. Layar berwarna menjadi andalan Game Boy ini.
Game Boy Color lebih tebal dan panjang daripada Game Boy Pocket, tetapi
lebih kecil daripada Game Boy asli.
Game Boy Advance
Game Boy Advance (sering disingkat GBA)
adalah salah satu dari konsol-konsol terakhir seri Game Boy, dan penerus
Game Boy Color yang populer. GBA dirilis di Jepang pada 21 Maret 2001,
di Amerika Utara pada 11 Juni 2001 dan di Eropa pada 22 Juni 2001. Nama
sandinya saat masa pengembangan adalah Project Atlantis.
Gamecube
GameCube dirilis pada 14 September 2001
di Jepang, 18 November 2001 di Amerika Utara, 3 Mei 2002 di Eropa, dan
17 Mei 2002 di Australia. Saat pengembangan, Nintendo GameCube awalnya
bernama sandi Dolphin. Lalu, Nintendo GameCube resmi disingkat menjadi
GCN oleh Nintendo Amerika. GCN merupakan konsol permainan permainan
video generasi keenam, satu generasi dengan Sega Dreamcast, Sony
PlayStation 2 dan Microsoft Xbox.
Game Boy Advance SP
Game Boy Advance SP adalah konsol
permainan genggam yang merupakan model terbaru dari Game Boy Advance.
Game Boy Advance SP dirilis pada Februari tahun 2003. “SP” adalah
singkatan dari “Special”. Peluncuran Game Boy Advance SP diikuti dengan
dirilisnya Nintendo DS (yang dirilis pada November 2004) dan Game Boy
Micro (dirilis pada September 2005).
Nintendo DS
Nintendo DS adalah konsol permainan
genggam dirilis pada tahun 2004. Ia mudah dikenali dengan desain lipat
horizontalnya, mirip dengan Game Boy Advance SP, dan adanya dua jenis
layar di mana layar bawahnya bekerja sebagai layar sentuh. Di dalamnya
juga tertanam sebuah mikrofon dan mendukung standar nirkabel 802.11b
(Wi-Fi) yang memungkinkan pemain saling berinteraksi dalam jarak dekat
(30-100 kaki, tergantung kondisi), melalui layanan Nintendo Wi-Fi
Connection. Nama “DS” merupakan singkatan dari “Dual Screen”. Selain itu
ia juga merupakan singkatan dari “Developers System”, merujuk pada
fitur-fitur dalam alat genggam ini yang didesain untuk memancing ide-ide
sistem permainan yang inovatif di antara para pengembang. Selama masa
pengembangan, sistem ini dikenal dengan Project Nitro. Pada 11 Juni
2006, Nintendo merilis DS dengan model yang didesain ulang, bernama
Nintendo DS Lite. Nintendo DS Lite telah dilepas ke pasaran ke Amerika
Utara, Eropa, and Australia pada Juni 2006. Model yang didesain ulang
dari Nintendo DS ini lebih tipis, ringan, dan memiliki layar yang lebih
cerah daripada Nintendo DS.
Nintendo Wii
Wii adalah konsol permainan video kelima
Nintendo yang merupakan penerus Nintendo GameCube. Inovasi utamanya
adalah kontroler (joystick) yang merespon terhadap letaknya dalam ruang
fisik tiga dimensi yang terletak di depan televisi. Pada tahap awal
pengembangan, konsol ini diberi nama Revolution. Konsol game ini
diperkenalkan dalam Tokyo Game Show 2005 pada 16 September 2005. Konsol
ini dirilis pada November 2006 di AS dan Desember di Jepang dan beberapa
wilayah lainnya. Berbeda dari Xbox 360 dan PlayStation3, Wii lebih
menitik beratkan pada keasyikan bermain dibandingkan tampilan grafik
beresolusi tinggi seperti yang dimiliki kedua konsol tersebut. Wiimote
merupakan kontroler baru yang unik (yang dilengkapi sebuah Nunchuk
sebagai kontroler tambahan untuk beberapa jenis game), bentuknya yang
kecil, serta harga yang murah merupakan hal-hal yang menjadi keunggulan
konsol ini dibandingkan kedua konsol saingannya.
Nintendo 3DS
Nintendo 3DS dirilis di Jepang pada 26
Februari 2011, di Eropa pada 25 Maret 2011, di Amerika Utara pada 27
Maret 2011, dan di Australia pada 31 Maret 2011. Nintendo 3DS adalah
konsol game portabel dengan perangkat autostereoscopic dan menghasilkan
efek tiga dimensi tanpa persyaratan aksesoris tambahan.
Nintendo Wii U
Wii U merupakan konsol game yang
merupakan penerus Nintendo Wii. Wii dirilis pada tahun 2012 dan
diresmikan pada konferensi pers Nintendo di Electronic Entertainment
Expo 2011 pada 7 Juni 2011. Konsol ini telah digambarkan sebagai
generasi kedelapan yang baru. Wii U adalah konsol Nintendo Home keenam
dan konsol Nintendo pertama dalam menghasilkan grafis resolusi 1080p dan
fitur pengendali baru dengan layar sentuh. Kontroler ini memungkinkan
pemain untuk melanjutkan sesi game dengan menampilkan permainan bahkan
ketika televisi dimatikan. Sistem ini akan sepenuhnya kompatibel dengan
Wii, dan Wii U game dapat mendukung kompatibilitas dengan peripheral
Wii, seperti Wii Remote dan Wii Balance Board.
Komentar
Posting Komentar