OOP
(Object
Oriented Programming)
Awal dikembangkannya computer, berkembang pula bahasa pemrograman yang
digunakan. Bahasa Pemrograman adalah :
serangkaian instruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer,
digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
Bahasa pemrograman rata-rata merupakan berbasis teks.
Cara penulisan program dan eksekusi program diketik dan dilakukan dari
atas ke bawah secara segaris (orientasinya linier), sehingga pemrograman ini
disebut : Linear Programming
C/ : BASIC, Pascal, Cobol, C,
Dbase
Setelah muncul sistem operasi windows ,
-
bahasa pemrog.
Lebih ditekankan dalam hal tampilannya
-
sarana
pengembangannya bersifat grafis sehingga user hanya menggeser gambar-gambar
dengan mouse
-
Bahasa pemrog.
Dinamai dengan kata ”visual” didepannya
C/ : Visual
FoxPro, Visual Basic, Visual C++
-
Berorientasi pada objek-objek yang
terpisah-pisah (object oriented) disebut juga dgn istilah Object Oriented
Programming.
Sejarah
OOP
Tahun 1960 ditemukan suatu pembuatan pogram yang terstruktur (structured
Programming). Metode ini dikembangkan dari bahasa C dan Pascal.
Definisi OOP
Adalah suatu metode dalam pembuatan program, dengan tujuan untuk
menyelesaikan kompleksnya berbagai masalah program yang terus meningkat.
C/ : sebuah departemen memiliki manager, sekretaris, petugas
administrasi data dan lainnya. Bila manager tsb ingin memperoleh data dari bag.
Administrasi maka manager tsb tidak harus mengambil langsung tetapi dapat
menyuruh petugas admin untuk mengambilnya. Pada kasus tsb manager tidak harus
mengetahui bagaimana cara mengambil data tsb tetapi manager bisa mendapatkan
data tsb melalui objek petugas administrasi.
Objek dan Class
Ide dasar OOP adalah mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses
data menjadi sebuah kesatuan unit yang dikenal dengan nama objek.
Sebuah program dibagi menjadi bagian-bagian kecil yang disebut dgn objek,
setiap objek memiliki entity yang terpisah dengan entity objek-objek lain dalam
lingkungannya.
C/ objek : rumah, mobil, sepeda motor, gelas, komputer
Karakterisitik obyek : (penggambaran pemrograman berorientasi objek =
penggambaran pada dunia nyata)
Setiap objek
memiliki atribut sebagai status
Setiap objek
memiliki tingkah laku (behavior)
C/ : objek
sepeda
Memiliki atribut :
pedal, roda jeruji, warna, jumlah roda, jok
Memiliki tingkah
laku : kecepatan menaik/menurun, perpindahan gigi sepeda
Class :
kumpulan dari beberapa objek yang sama
Setiap objek mengandung 3 hal utama yaitu :
1.
Property atau atribut
Adalah karakteristik atau sifat
dari sebuah objek.
C/: property warna utk teks adalah hitam,
ukurannya 1x2 unit
2.
Metode
Adalah serangkaian prosedur yang dimiliki oleh suatu
objek yang akan dijalankan sesuai dengan respon yang diberikan oleh suatu
perintah/kejadian
C/ : objek tombol EXIT, untuk keluar dari aplikasi
3.
Event
Adalah ”kejadian”
atau segala sesuatu yang dapat dialami
oleh sebuah objek.
C/ : meletakkan mouse di atas objek, mengklik tombol
mouse kmd mengetik pada kotak
teks
Konsep dasar
OOP
·
Encapsulation (Pengkapsulan)
Merupakan : kumpulan komponen program yang biasanya
terdiri dari tipe data, konstanta, variabel, subprogram.
Encapsulation seringkali dianggap sebagai
”penyembunyian informasi”, dapat diartikan juga pengemasan data dan fungsi
dalam wadah bernama objek. Konsep public dan private akan senantiasa dipakai
dalam pengkapsulan. Encapsulation memastikan sebuah objek tidak dapat
menggantikan keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak,
hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya.
C/ : jam tangan
Cara jam mencatat waktu dengan baik antara jam
bertenaga baterai atau bertenaga gerak tidaklah penting kita ketahui
Contoh :
ketika kita
menyalakan sebuah TV kita tidak tahu apa yang terjadi dengan proses dan
percakapan antar alat yang berhubungan dengan TV tersebut sehingga mampu
menampilkan sebuah gambar.
ketika
melakukan klik pada subuah object dalam suatu aplikasi program kita tidak tahu
apa yang dilakukan program sehingga ditampilkan hasil yang sesuai.
Catatan = dari
dua contoh kasus tersebut terdapat kesamaan proses mengenai information
hiding yang tidak diketahui oleh user sampai hasil ditampilkan.
·
Inheritance (Pewarisan/penurunan)
Merupakan : sifat dalam bahasa berorientasi objek yang
memungkinkan sifat-sifat dari suatu kelas diturunkan ke kelas lain.
Class yang mewarisi : superclass
Class yang diwarisi
: subclass
Suatu class hanya boleh mempunyai satu superclass
C/ :
Sepeda
Sepeda gunung sepeda
motor sepeda
balap
Inheritance berarti suatu komponen dalam satu program
digunakan oleh program lain yang mempunyai hubungan khusus.
Contoh :
TV merupakan
salah satu media elektronik yang dgunakan untuk menampilkan gambar dengan
tujuan untuk memberikan informasi kepada konsumen. Secara umum TV memunyai cara
kerja yang sama dengan media elektronik yang lain dlam proses penyampaian
informasi, tetapi mempunyai sifat yang unik yang dapat membedakan dengan media
electronik yang ada.
Dalam aplikasi
program kita sering menggunakan command button, untuk beberapa perintah yang
berbeda.
·
Polimorfisme
Merupakan : suatu konsep yang menyatakan sesuatu yang
sama dapat memiliki berbagai bentuk dan perilaku yang berbeda. (menuju 1 tujuan
dengan banyak cara)
Istilah ini berasal dari bahasa yunani, berarti
”mempunyai banyak bentuk”
C/ : Bila
sebuah burung menerima pesan ”gerak cepat”, dia akan menggerakkan sayapnya dan
terbang
Bila
seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan
berlari.
Keduanya menjawab pesan yg sama, namun yg sesuai dgn
kemampuan hewan tersebut.
Contoh = TV dan radio adalah
media electronik yang mempunyai system yang sama tentang bagaimana meyebarkan
suatu informasi, tetapi cara kerja dari masing – masing sistem pasti berbeda.
Atau
Object Simpan dan Update adalah
icon yang berasal dari induk yang sama yaitu, command button tetapi cara kerja
tersebut berbeda – beda.
Cara kerja OOP
OOP memiliki sifat abstraksi, artinya pemakai tidak perlu mengetahui
kerumitan dari sebuah objek. Pemakai hanya perlu mengetahui apa yang
dilakukan oleh objek, bukan bagaimana cara objek tersebut melakukannya.
Keuntungan OOP
1. lebih cepat
2. resiko kesalahan kecil
3. daur ulang
4. perawatan lebih mudah
Bahasa pemrograman yang
mendukung OOP adalah :
Java, C++, Pascal, Visual Basic
NET, Simula, Smalltalk, Ruby, Python
JENIS-JENIS
BINDING
2
jenis binding bila dilihat dari control yang digunakan untuk binding data :
- Simple Binding
Binding data
(pengikatan data terhadap property suatu control) yang dilakukan untuk
menampilkan data “one record at a time”, jenis ini hanya menampilkan data dari
satu kolom per record
C/ : TextBox, Label
- Complex Binding
Binding data
yang dilakukan untuk menampilkan data “multiple record at a time”, jenis ini
mampu menampilkan data sekaligus dari kolom dan record yang dipilih.
C/ : DataGrid,
ListBox, ComboBox
2 jenis binding bila dilihat dari sisi waktu
pengikatan data :
- Early Binding
Binding yang dilakukan ketika design time
- Late Binding
Binding yang dilakukan ketika run time
Komentar
Posting Komentar