Tugas 1 Softskill : Pengantar Bisnis Informatika

BISNIS

Gambar 1 Ilustrasi Bisnis [1]

Menurut profesor terkenal William Pride, Robert Hughes, dan Jack Kapoor, bisnis adalah “upaya terorganisir individu untuk memproduksi dan menjual, untuk mendapatkan keuntungan, barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan masyarakat”. Maka bisnis adalah organisasi yang berupaya menghasilkan laba melalui individu yang bekerja menuju tujuan bersama. Tujuan bisnis akan bervariasi berdasarkan pada jenis bisnis dan strategi bisnis yang digunakan. Terlepas dari strategi yang disukai, bisnis harus menyediakan layanan, produk, atau barang yang memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beberapa cara.[1]

Jenis Bisnis

Bisnis dibedakan menjadi 4 macam berdasarkan siapa pembelinya dan apa yang ditawarkan.
Dari sisi siapa pembelinya, ada 2 macam bisnis, yaitu:

  •     Bisnis yang pembeli akhirnya adalah individu atau kelompok individu yang membeli sesuatu untuk dipakai sendiri. Bisnis semacam itu disebut sebagai Bisnis ke Konsumen (business to consumers).
  •      Bisnis yang pembeli akhirnya adalah perusahaan yang membeli sesuatu untuk menjadi bagian dari kegiatan usaha atau bagian dari produk/layanan akhir mereka. Bisnis semacam itu disebut sebagai Bisnis ke Bisnis (business to business).

Dari sisi apa yang ditawarkan ada 2 macam bisnis, yaitu:

  • Bisnis yang terutama menyangkut barang berwujud, seperti kue-kue, telepon genggam, atau perkebunan kelapa sawit.
  • Bisnis yang terutama menyangkut layanan yang tidak berwujud, seperti layanan totok urat syaraf, klinik dokter spesialis, konsultasi hukum, atau layanan pembayaran pembelian lewat internet, seperti PayPal. [2]

Sedangkan jika ditinjau dari motifnya, bisnis dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:

  • Bisnis yang berorientasi keuntungan                                                                                    Contoh : perusahaan perorangan, CV, Firma, PT, dsb
  • Bisnis yang tidak berorientasi keuntungan atau nirlaba                                                      Contoh: yayasan, organisasi social, lembaga swadaya masyarakat, dan sebagainya. [3]
Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis dalam suatu perusahaan dapat dilihat dari berbagai macam kepentingan, baik owner, pesaing, supplier, karyawan, konsumen, masyarakat umum, maupun pemerintah. Pada umumnya tujuan bisnis didirikan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan bisnis didirikan meliputi [4] :

  •         Profit, 
  •      Pengadaan barang atau jasa, 
  •      Kesejahteraan bagi pemilik faktor produksi dan masyarakat, 
  •      Full employment,
  •      Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang (waktu yang lama),
  •      Kemajuan dan pertumbuhan,
  •      Prestise dan prestasi. 

Manfaat Bisnis

Manfaat paling utama dalam bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan khususnya dalam bentuk uang. Berikut manfaat bisnis lainnya[4] :
  1. Memperoleh Penghargaan/Pengakuan                                                                  Penghargaan ataupun pengakuan dapat diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif kepada masyarakat akan memberikan anda pengakuan positif dari masyakat itu sendiri.
  2. Kesempatan Untuk Menjadi Bos bagi diri sendiri                                                      Anda dapat menjadi bos untuk diri sendiri kalau bukan di bisnis yang anda rintis dan bust sendiri. Dengan berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis anda. Besar kecilnya bisnis anda ditentukan oleh kemampuan anda menjadi bos.
  3. Menggaji diri sendiri                                                                                                      Anda dapat menentukan penghasilan anda sendiri. Itulah manfaat membangun bisnis anda. Jumlah penghasilan dan juga sumber penghasilan anda, anda yang tentukan.
  4. Atur Waktu Anda Sendiri                                                                                               Jam kerja anda, anda yang atur. ltulah manfaat berbisnis yang keren. Bila anda jadi PNS, jam kerja anda haruslah sesuai dengan permintaan pemerintah. Bila anda menjadi pebisnis, jam kerja menjadi Iebih fleksibel. Bila anda Iebih ingin bersantai, dengan penghasilan bisnis yang naik, anda dapat merekrut pegawai untuk menggantikan anda.
  5. Masa Depan yang Lebih cerah                                                                                     Masa depan anda, bisa dikatakan anda yang atur, semakin anda gigih dan semangat berbisnis, anda akan memiliki masa depan yang Iebih cerah.

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI



Gambar 2 Ilustrasi TIK [2]

Singkatan dari "Teknologi Informasi dan Komunikasi." TIK mengacu pada teknologi yang menyediakan akses ke informasi melalui telekomunikasi. Ini mirip dengan Teknologi Informasi (TI), tetapi berfokus terutama pada teknologi komunikasi. Ini termasuk Internet, jaringan nirkabel, ponsel, dan media komunikasi lainnya.
Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi informasi dan komunikasi telah memberi masyarakat beragam kemampuan komunikasi baru. Misalnya, orang dapat berkomunikasi secara waktu nyata dengan orang lain di berbagai negara menggunakan teknologi seperti pengiriman pesan instan, voice over IP (VoIP), dan konferensi video. Situs web jejaring sosial seperti Facebook memungkinkan pengguna dari seluruh dunia untuk tetap berhubungan dan berkomunikasi secara teratur.
Teknologi informasi dan komunikasi modern telah menciptakan "desa global," di mana orang dapat berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia seolah-olah mereka tinggal di sebelah. Untuk alasan ini, TIK sering dipelajari dalam konteks bagaimana teknologi komunikasi modern mempengaruhi masyarakat.[5]

Manfaat TIK
Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kehidupan manusia sangatlah besar. Berikut ini beberapa manfaat TIK dalam kehidupan sehari hari, yaitu seperti dibawah ini:

  1. Mempersingkat waktu dan memangkas biaya. Dengan adanya TIK, produksi dapat dilakukan setiap hari, cepat dan biaya pun dapat dipangkas. Hal ini sekaligus dapat meningkatkan laba bagi setiap perusahaan.
  2. Proses perdagangan dilakukan secara elektronik. Jika dulu dikenal dengan adanya sistem barter (bertukar barang) dalam perdagangan, seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, perdagangan kini dapat dilakukan secara elektronik atau e-commerce. E-commerce memegang peran yang sangat penting dalam ekonomi karena didalamnya terkandung proses perdagangan yang memungkinkan konsumen untuk mencari dan membeli produk secara daring.
  3. Transaksi secara daring. Semakin majunya TIK, transaksi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun karena layanan melalui perbankan secara daring sudah banyak ditawarkan.
  4. Komunikasi tanpa batas. Tidak adanya pembatasan komunikasi yang dilakukan antar kota maupun antar negara menggunakan internet sehingga saling dapat bertukar informasi merupakan salah satu manfaat dari TIK.
  5. Membuka peluang untuk dapat bekerja secara daring. Sudah menjadi rahasia umum kalau pada jaman sekarang banyak sekali orang lebih menyukai untuk bekerja secara daring karena mempertimbangkan berbagai macam hal seperti lebih nyaman, mengurangi pengeluaran biaya transportasi yang harus dikeluarkan oleh karyawan, mengurangi waktu untuk pergi dan pulang kerja, dan lain-lain. [6]

PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA


Perkembangan dan kemajuan bisnis informatika di negara kita sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan. bisnis ini akan tiada matinya karena dunia IT setiap detik berkembang, oleh karna itu bisnis ini tidak mungkin ada matinya. contohnya saja seperti warnet yang bagaikan rumput liar dimana saja ada. Ini dikarenakannya masyarakat makin membutuhkan informasi. selain warnet yaitu toko hardware yang menyediakan segala kebutuhan di bidang IT, kita sudah tidak kesusahan lagi untuk mencari toko komputer. selain itu masyarakat yang mempunya dana yang lebih mereka ada yang membuat perusahaan IT Konsultan yang akan sedia selalu membantu kantor, perusahaan dan masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan di bidang IT.[7]



PROFIL PERUSAHAAN

Gambar 3 Logo iCreativeLabs [3]

iCreativeLabs

iCreativeLabs merupakan perusahaan IT yang berbasis studio kreatif digital. Berlokasi di Jl. Titimplik No. 29, Sadang Serang, Coblong, Kota Bandung, perusahaan ini sangat handal dalam bidang design services, pengembangan aplikasi web dan mobile application serta social media marketing. Perusahaan ini telah bekerja sama dengan beberapa pelanggan yang berasal dari berbagai kalangan. [8]
iCreativeLabs sudah berdiri sejak 2006 atau sekitar 13 tahun dan sudah memiliki team sebanyak orang. Cara kerja yang diterapkan dalam iCreativeLabs adalah analisis, perencanaan, development, quality control, deliver, dan perawatan. Layanan yang disediakan yaitu konsultasi, Mobile Development, Geographics Information System (GIS), Web & Aplikasi Development, Social Media Engagment, Application Dan Website Maintenance. Untuk mengetahui portofolio serta informasi lengkapnya, kamu dapat mengunjungi laman website Icreativelabs. [8]




Referensi penulisan
[2]      G. Sidik, Ignas. 2013. Bisnis Sukses: Menyusun Rencana Bisnis Lengkap Terpadu. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
[3]      Jun. Pengertian Bisnis Tujuan dan Jenis Jenis Bisnis. https://learniseasy.com/pengertian-bisnis-tujuan-dan-jenis-jenis-bisnis/# (diakses 20 Oktober 2019).
[4   Kamaluddin, Apiaty dan Patta Rapanna. 2017. Administrasi Bisnis. Makassar: CV Sah Media.
[5]       https://techterms.com/definition/ict (diakses 21 Oktober 2019).
[6]  Ambar. 2018. 15 Manfaat dari Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi. https://pakarkomunikasi.com/manfaat-dari-perkembangan-teknologi-komunikasi-dan-informasi (diakses 21 Oktober 2019).
[7]    Hariyani, Iswi dkk. 2018. Penyelesaian Sengketa Bisnis. Jakarta :  PT. Gramedia Pustaka Utama.
[8]       https://icreativelabs.com/ (diakses 21 Oktober 2019).

Referensi gambar

Komentar